Facebook
RSS

Ratusan Bocah Pelempar Batu di Penjara Israel

-
Admin

Ratusan Bocah Pelempar Batu di Penjara Israel

Selama lebih lima tahun terakhir, militer Israel telah menahan 853 pemuda dan anak-anak Palestina. Mereka ditangkap militer Israel dengan tuduhan melemparkan batu ke tentara Israel, diinterogasi, lalu kebanyakan mereka dipenjarakan.

“Hanya satu anak Palestina yang dibebaskan dari tuduhan menyambit tentara Israel dengan batu sepanjang 2005-2010,” demikian rilis kelompok hak asasi manusia (HAM) yang berbasiskan di Yerusalem, B’Tselem, seperti dikutip harian Israel, Haaretz.

Laporan B’Tselem berdasarkan data yang diperoleh dari juru bicara militer Israel mengenai anak-anak di bawah umur yang ditahan hanya karena melemparkan batu ketentara Israel. Tak ada tuduhan kejahatan kriminal lain atas mereka, selain lantaran menyambit tentara.

Laporan B’Tselem setebal 70 halaman itu memerinci anak-anak yang diadili sepanjang 2005 hingga awal 2011, termasuk 34 anak-anak berusia 13 tahun atau bahkan lebih muda lagi. Dalam kasus terburuk, kelompok HAM itu menyebutkan seorang anak berusia delapan tahun yang diciduk dari wilayah Tepi Barat pada Februari lalu.

Tentara melepas bocah itu setelah diketahui bukan dia sasaran mereka, melainkan kakak bocah itu yang setahun lebih tua. Serdadu Israel itu kemudian memborgol bocah sembilan tahun itu, menutup matanya, dan membawa ke pusat penahanan untuk diinterogasi selama lima jam. Militer Israel membebaskannya setelah ada pertimbangan bocah itu masih di bawah umur.